Soal UP PPG Penjas #Part 1

Soal UP PPG Penjas - Salam Olahraga sahabat PPG Dalam Jabatan mata pelajaran penjaskes. Soal up ppg penjaskes ini di sertai dengan kunci jawabannya. Sehingga memudahkan anda dalam berlatih soal up ppg penjaskes sd, smp, maupun sma.

Soal PPG penjas atau biasa di sebut soal PPG PJOK ini dapat anda gunakan sebagai bahan referensi ketika hendak mengikuti UP PPG Dalam Jabatan Penjaskes nantinya.

Baca Juga : Soal UTN / UP Pedagogik PPG Daljab terbaru


Soal Profesional Penjaskes PPG Dalam Jabatan


Untuk berlatih soal up ppg daljab penjaskes ini, silahkan pahami terlebih dahulu Indikator Esensial yang telah dituliskan diatas tiap-tiap soalnya.

Dengan memperlajari indikator esensialnya, anda akan memiliki rambu-rambu soal yang akan muncul pada saat pelaksanaan UP PPG Penjaskes nantinya. Selamat berlatih

Soal UP PPG Penjas


1. Mampu menguraikan kriteria keilmuan yang mencakup aspek ontologi, dan epistemologi dalam sebuah disiplin ilmu keolahragaan
Obyek material ilmu keolahragaan adalah:
A. Biomekanika
B. Ilmu gizi
C. Manusia yang bergerak
D. Tubuh manusia
E. Sarana prasarana

2. Mampu menguraikan kriteria keilmuan yang mencakup aspek aksiologi dalam sebuah disiplin ilmu keolahragaan
Dalam pilar filsafat, kajian tentang manfaat ilmu keolahragaan disebut sebagai:
A. Aksiologi
B. Ontologi
C. Metafisika
D. Epistemologi
E. Logika

3. Mampu menguraikan fenomena gerak manusia melalui perilaku gerak (bermain, berolahraga, dan berlatih) dalam disiplin ilmu keolahragaan
Akar olahraga adalah manusia yang bermain. Ciri-ciri suatu aktivitas dapat disebut permainan adalah:
A. Serius
B. Menggunakan lapangan
C. Tujuannya untuk aktivitas permainan itu sendiri
D. Melibatkan banyak orang
E. Adanya wasit

4. Mampu menjelaskan sejarah olimpiade kuno
Olimpiade kuno dilaksanakan di kota:
A. Athena
B. Olympia
C. Santorini
D. Yunani
E. Evosmos

5. Mampu menjelaskan sejarah olimpiade modern
Pada abad ke 19, Olimpiade modern kembali dihidupkan kembali dengan pelopor seorang bangsawan Perancis yang bernama:
A. Robert Baden-Powell
B. Thomas Alva Edison
C. Olimpus
D. Pierre Fredy Baron de Coubertin
E. Zinadine Zidane

6. Mampu menguraikan aspek perkembangan gerak
Tahapan perkembangan berjalan anak dari usia 0-5 tahun adalah sebagai berikut:
A. Berjingkat, berjalan merambat, berjalan mundur, berlari
B. Berjalan dituntun, berjalan cepat, berlari
C. Berjalan berpegangan, berjalan mundur, berjalan jinjit, meniti
D. Merangkak, berjalan mengikuti gerakan binatang, melompat, berlari
E. Berlari, berdiri, merangkak

7. Mampu menguraikan perbedaan gerak non-lokomotor, lokomotor dan manipulatif dalam implementasi terhadap aktivitas penjas dan olahraga
Menggiring bola dengan kaki termasuk gerak:
A. Manipulatif
B. Non-lokomotor
C. Sepakbola
D. Lokomotor
E. Otomatisasi

8. Mampu menjelaskan aspek kognitif, emosi dan fisik dalam pengaruh gerak yang terampil
Guru dapat membantu perkembangan motorik anak secara emosional dengan cara:
A. Memodifikasi sarana dan prasarana
B. Memotivasi anak untuk bergerak
C. Mengkritik kesalahan gerak
D. Memberikan latihan drill
E. Membiarkan anak bermain

9. Mampu menguraikan fase-fase belajar gerak
Urutan fase-fase belajar Gerak adalah:
A. Asosiatif, otomatisasi, kognitif
B. Otomatisasi, asosiatif, kognitif
C. Kognitif, asosiatif, otomatisasi
D. Kognitif, otomatisasi, asosiatif
E. Asosiatif, kognitif, otomatisasi

10. Mampu mengimplementasikan fasefase belajar gerak dalam aktivitas penjas dan olahraga
Menyampaikan materi servis bawah pada permainan bola voli dengan cara mengulang-ulang gerakannya akan lebih cocok untuk siswa yang masih dalam tahap belajar gerak:
A. Asosiatif
B. Afektif
C. Psikomotor
D. Otomatisasi
E. Motorik

11. Mampu menjelaskan pengertian pemanduan bakat dalam olahraga
Hakikat guru melakukan pemanduan bakat olahraga adalah untuk:
A. Menciptakan atlet hebat
B. Memperkirakan potensi prestasi Anak
C. Memandu anak dalam berolahraga
D. Memilih siswa untuk ekstrakurikuler olahraga
E. Mencari atlet

12. Mampu menguraikan aspek-aspek dalam pemanduan bakat olahraga
Aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pemanduan bakat adalah:
A. Anatomis dan fisiologis
B. Tinggi badan, keterampilan olahraga, status gizi
C. Status gizi dan makanan
D. Biologis, biomotor, fisiologis
E. Psikologi dan tingkat emosi

13. Mampu menguraikan fungsi otot dan tulang dalam hubungannya dengan aktivitas gerak penjas dan olahraga
Seorang pemain menggenggam raket dengan kencang. Otot yang bekerja untuk menggengam raket tersebut mengalami kontraksi:
A. Isotonik
B. Isometrik
C. Eksentrik
D. Fleksi
E. Ekstensi

14. Mampu menguraikan fungsi sendi dalam hubungannya dengan aktivitas gerak penjas dan olahraga
Dasar-dasar fisika yang digunakan dalam biomekanika adalah:
A. Kekuatan, panas, cahaya
B. Keseimbangan, gerak, gaya
C. Gravitasi, pendulum, elektromagneƟk
D. Temperatur, gaya, periode
E. Massa, gaya, pengungkit

15. Mampu menjelaskan pengertian kinesiologi/biomekanika dalam olahraga
Ilmu-ilmu yang menunjang biomekanika:
A. Matematika, biologi, kinesiologi
B. Biologi, mekanika, motorik
C. Mekanika terapan,biologi, fisiologi
D. Kimia, fisika, matematika
E. Biomotorik

16. Mampu menguraikan aspek mekanika gerak dalam menghasilkan gerak yang efektif dan efisien
Biomekanika penting untuk dipelajari, karena:
A. Meningkatkan stamina atlet dalam waktu singkat
B. Memungkinkan pembelajaran pendidikan jasmani lebih bermakna
C. Mencetak juara secara cepat dan hemat biaya
D. Mengembangkan gerak dasar olahraga yang lebih efisien dan efektif
E. Gerak dalam olahraga sulit untuk dipahami

17. Mampu menguraikan faktor yang mempengaruhi mekanika gerak dalam olahraga
Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi gaya eksternal (external force) dalam mekanika gerak manusia, kecuali:
A. Daya tarik bumi
B. Gesekan
C. Gaya reaksi dari tanah
D. Tahanan udara
E. Kontraksi otot

18. Mampu menjelaskan fungsi organ jantung, paru dan organ lain dalam proses kardiovaskular
Di bawah ini adalah organ-organ yang menjadi sistem utama kardiovaskular:
A. Paru-paru, jantung, pembuluh darah
B. Jantung, tulang, otot
C. Ligamen, paru-paru, usus kecil
D. Pembuluh darah, jantung, persendian
E. Darah, jantung, ginjal

19. Mampu menguraikan tentang sistem energi dalam hubungan aktivitas gerak dan olahraga
Pemecahan Adenosin Triposfat (ATP) menjadi Adenosin Diposfat (ADP) + Posfat inorganic (Pi) dalam otot akan menghasilkan:
A. Daya tahan
B. Cidera otot
C. Energi
D. Oksigen
E. Kelelahan

20. Mampu menguraikan aspek kecemasan, dan stress dalam hubungan dengan aktivitas penjas dan olahraga
Jika mengalami tekanan psikis ketika sedang bertanding, anak akan berpotensi untuk mengalami:
A. Peningkatan konsentrasi
B. Penurunan kecemasan
C. Peningkatan kecemasan
D. Peningkatan stamina
E. Penurunan emosi

21. Mampu menguraikan aspek motivasi, percaya diri, dan persepsi diri dalam hubungan dengan aktivitas penjas dan olahraga
Cara merangsang kepercayaan diri yang dapat meningkatkan kemampuan belajar gerak anak adalah:
A. Pemberian pujian
B. Melakukan drilling (pengulangan)
C. Memberikan materi permainan
D. Memberi nasehat
E. Mengetes

22. Mampu menguraikan aspek etika dan perilaku moral dalam konteks aktivitas penjas dan olahraga
Berjabat tangan setelah selesai pertandingan menunjukkan sikap:
A. Toleransi
B. Kerjasama
C. Sportif
D. Persahabatan
E. Memaafkan

23. Mampu menguraikan aspek budaya, suku, dan gender dalam konteks aktivitas penjas dan olahraga
Aktivitas olahraga di bawah ini sesuai untuk siswa perempuan:
A. Kasti
B. Sepak bola
C. Bola voli
D. Tinju
E. Semua jawaban benar

24. Mampu menguraikan aspek dinamika sosial yang berkembang dalam aktivitas penjas dan olahraga
Perbedaan pendapat dalam mengatur strategi akan menumbuhkan kemampuan siswa di bawah ini, kecuali:
A. Pemecahan masalah
B. Menghargai pendapat orang lain
C. Berdebat
D. Toleransi
E. Komunikasi

25. Mampu menguraikan jenis-jenis keterbatasan individu pada anak berkebutuhan khusus
Anak yang tidak memiliki kelambanan fungsi intelektualnya disebut:
A. Tunagrahita
B. Tunarungu
C. Tunadaksa
D. Tunalaras
E. Autis

26. Mampu mengimplementasikan aktivitas olahraga pada anak berkebutuhan khusus
Permainan bola dengan lonceng (goal ball) dapat dimainkan oleh siswa yang menyandang:
A. Tunarungu
B. Tunadaksa
C. Tunalaras
D. Berkebutuhan khusus
E. Tunanetra

27. Mampu menguraikan dan menganalisis teknik variasi aktivitas permainan bolabesar untuk menghasilkan keterampilangerak yang baik
Teknik dasar sepakbola yang sangat mendukung dalam mengatur irama permainan adalah:
A. Kicking
B. Dribbling
C. Passing
D. Overlapping
E. Intercepting

28. Mampu menguraikan dan menganalisisteknik kombinasi akƟvitas permainan bola besar untuk menghasilkan keterampilan gerak yang baik
Teknik dasar sepakbola yang sangat mendukung dalam mengatur irama permainan adalah:
A. Kicking
B. Dribbling
C. Passing
D. Overlapping
E. Intercepting

29. Mampu menguraikan dan menganalisis teknik kombinasi aktivitas permainan bola besar untuk menghasilkan keterampilan gerak yang baik
Menggiring bola basket melewaƟ beberapa pemain untuk memasuki daerah lawan dapat diberikan setelah siswa menguasai:
A. Teknik dasar
B. Strategi
C. Taktik
D. Peraturan permainan
E. Keterampilan gerak Dasar

30. Mampu menguraikan dan menganalisis strategi, variasi dan kombinasi aktivitas permainan bola besar untuk menghasilkan keterampilan gerak yang baik
Prinsip melakukan smash yang baik adalah:
A. Di antara pemain lawan
B. Sedekat mungkin dengan net
C. Kepada pemain lawan yang tidak konsentrasi
D. Pada area yang paling kosong pemain lawan
E. Pada area yang terjauh dari net


Kunci Jawaban


No
Jawaban
No
Jawaban
No
Jawaban
1
C
11
B
21
A
2
A
12
D
22
C
3
C
13
B
23
E
4
B
14
B
24
C
5
D
15
C
25
A
6
C
16
D
26
A
7
A
17
E
27
B
8
B
18
A
28
A
9
C
19
C
29
D
10
A
20
C
30
D

0 Response to "Soal UP PPG Penjas #Part 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel