Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG Dalam Jabatan Tahun ini

Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG - Salam olahraga, bagi anda mahasiswa ppg dalam jabatan mata pelajaran penjaskes yang akan menghadapi Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan tahun ini, anda wajib untuk mempelajari Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG Dalam Jabatan yang akan penulis berikan saat ini.

Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG Dalam Jabatan tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana dalam kisi-kisi soal pedagogik up yang telah disebutkan mengandung unsur soal Higher Other Thingking Skill (HOTS).

Baca Juga : Kumpulan Soal-Soal Kompetensi Kepribadian UP PPG Daljab


Tips Mengerjakan Soal UP Pedagogik Penjaskes

Dan terkadang banyak peserta up ukmppg yang menganggap remeh soal-soal pedagogik yang dianggapnya sangatlah mudah. Padahal itu adalah kesalahan besar yang telah dipikirkan. Mereka hanya fokus pada soal up profesional penjaskes saja, dan memandang sebelah mata pada tipe soal up pedagogik penjaskes.

Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG Dalam Jabatan Tahun ini


Mungkin para peserta ini beranggapan bahwa mereka adalah seorang guru yang telah bertahun-tahun mengajar di sekolah, sehingga beranggapan bahwa pedagogik adalah makanan sehari-harinya. Sehingga tanpa harus berlatih soal pedagogik ukmppg mereka pastilah bisa menjawab dengan benar.

Artikel Terkait : Trik dan Tips mengerjakan Soal UP pasti lulus !!!


Tipe Soal Pedagogik Penjaskes

Soal pedagogik up ppg ini dibagi menjadi 2 tipe, yaitu soal pedagogik umum dan soal pedagogik yang sesuai dengan bidang kompetensinya.

Untuk soal pedagogik umum ini meliputi soal-soal kemampuan dasar pedagogik yang wajib dimiliki seorang pendidik. Sedangkan soal pedagogik penjaskes ini meliputi gabungan soal kompetensi pedagogik untuk menerapkan kompetensi penjaskes.

Baca Juga : Contoh Soal Pedagogik Umum UP PPG


20 Soal UP Pedagogik Penjaskes 

Untuk soal up pedagogik penjaskes yang penulis akan berikan ini, terdiri dari soal up pedagogik penjaskes sd, soal up pedagogik penjas smp dan soal up pedagogik sma.

Agar memudahkan anda berlatih soal up penjaskes ini, silahkan kerjakan terlebih dahulu 20 soal up pedagogik penjas berikut, catat pilihan jawaban anda di buku, lalu cocokkan dengan kunci jawaban yang penulis berikan di akhir soal. Silahkan Mencoba.


Contoh Soal UP Pedagogik Penjaskes

1. Merumuskan indikator kompetensi pembelajaran berdasarkan standar kompetensi

Manakah rumusan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan standar kompetensi mempraktekkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah ...
A. Menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
B. Menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar
C. Mempraktekkan shooting dengan 4 variasi berbeda dengan benar
D. Mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.
E. Mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar


2. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan standar kompetensi

Manakah tujuan pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak yang baik adalah ...
A. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan dan mengidentifikasi lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar
B. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat menjelaskan lempar tangkap bola dengan 4 variasi yang berbeda dengan benar
C. Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan shooting dengan 4 variasi berbeda dengan benar
D. Setelah mempelajari materi ini anda dapat mengevaluasi gerak lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda secara benar.
E. Setelah melalui proses pembelajaran peserta didik dapat mempraktekkan lempar tangkap bola dengan 4 variasi berbeda dengan benar.


3. Menetapkan materi, proses, sumber pembelajaran dan media pembelajaran PJOK

Perencanaan pembelajaran harus dilakukan oleh guru PJOK sebelum pelaksanaan pembelajaran, dengan mempertimbangkan materi, proses, sumber belajar, dan juga media pembelajaran. Apabila ada guru yang akan mengajar senam di sekolah yang terletak di daerah pinggiran, tidak ada internet, belum memiliki proyektor. Media apa yang tepat digunakan oleh guru tersebut adalah:
A. Video
B. Gambar
C. Guru/Siswa
D. Boneka Peraga
E. Modul


4. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus

Merumuskan kegiatan awal, kegiatan inƟ, dan kegiatan akhir merupakan rincian dari pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang diturunkan dari komponen pada silabus yang berupa...
A. Standar kompetensi
B. Materi pokok/pembelajaran
C. Langkah-langkah pembelajaran
D. Alokasi waktu
E. Sumber belajar


5. Melaksanakan kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran PJOK

Seorang guru melakukan kegiatan pendahuluan sebagai berikut:
  • Membariskan siswa berbentuk 2/3 bersayap antara laki-laki dan perempuan terpisah secara rapih dilanjutkan berhitung
  • Berdo’a secara bersama-sama antara guru dan siswa.
  • Mengabsen kehadiran siswa
  • Memberikan apersepsi materi dan penyampaian materi yang akan diajarkan secara singkat dengan dihubungkan kemanfaatanya dan dorongan pemberian moƟvasi.
  • Mengadakan pemanasan (Warming Up) diawali dengan lari keliling lapangan permainan sebanyak 4 kali putaran.
  • Dilanjutkan dengan kegiatan laƟhan fisik sesuai/mendukung dengan materi drible dan passing dalam permainan bola basket
Aktivitas yang kurang tepat dalam kegiatan pendahuluan adalah:
A. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa.
B. Memasukan kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
C. Melakukan apersepsi dan memotivasi siswa.
D. Menyampaikan manfaat pembelajaran.
E. Kegiatan latihan fisik sesuai/mendukung dengan materi


6. Melaksanakan kegiatan inti dan penutup dalam pembelajaran PJOK

Seorang guru melakukan kegiatan penutup dengan aktivitas sebagai berikut:
  • Peserta didik melakukan penguluran dan pelepasan
  • Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
  • Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai, langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian projek.
  • Memberikan reward kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Menyampaikan materi yang akan diajarkan pertemuan berikutnya.
Aktivitas yang belum dilakukan dalam kegiatan penutup di atas adalah ...
A. Melakukan pendinginan sekaligus menjelaskan fungsinya.
B. Melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
C. Melakukan penilaian sesuai indikator pencapaian kompetensi
D. Bersama siswa guru membuat simpulan materi, melakukan refleksi dan Ɵndak lanjut dari materi pembelajaran yang telah diberikan.
E. Setelah melakukan akƟvitas pembelajaran seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman


7. Penerapan Feed Back dalam proses pembelajaran PJOK

Dalam pelaksanaaan proses pembelajaran seorang guru PJOK memberikan hukuman kepada siswa yang salah dalam melakukan praktek lompat Ɵnggi gaya menyamping, dalam hal ini sebenarnya guru PJOK telah memberikan umpan balik pada kategori:
A. Ekstrinsik
B. Instrinsik
C. Motivasional
D. Informasional
E. Reinforcement


8. Melaksanakan pengembangan variasi materi dalam pembelajaran PJOK

Seorang guru PJOK sedang mengajarkan materi gerak rangkaian guling depan dan guling lenting, dengan cara menjelaskan dengan suara yang lantang, kemudian memberi contoh dalam berbagai posisi, berkeliling untuk melihat secara lebih dekat gerakan yang dilakukan oleh siswa, memperhatikan peserta didik dengan menyebutkan namanya, memandang mata peserta didik yang sedang diajak bicara. Dengan demikian guru tersebut sudah melaksanakan variasi dalam …
A. Penggunaan media
B. Gaya mengajar
C. Pola interaksi
D. Kegiatan siswa
E. Metode mengajar


9. Pengelolaan kelas PJOK melalui pendekatan ekƟfitas prosedur dan urutan pembelajaran

Guru menerapkan aturan disiplin kelas, peserta didik yang terlambat lebih dari lima menit dihukum lari keliling lapangan sepakbola sebanyak 4 kali. Pengelolaan kelas ini menggunakan pendekatan:
A. Otoriter
B. Permisif
C. Modifikasi tingkah laku
D. Kelompok
E. Individua


10. Pengelolaan kelas PJOK yang efektif melalui penataan dan antisipasi perilaku peserta didik yang mengganggu

Guru memberi memberikan pujian atau hadiah yang menimbulkan perasaan senang atau puas pada peserta didik yang berperilaku posiƟf, menunjukkan peningkatan performa. Sebaliknya, tingkah laku yang kurang baik dalam melaksanakan program kelas akan diberi sanksi atau hukuman yang menimbulkan perasaan tidak puas serta pada gilirannya tingkah laku tersebut akan dihindari.
Pendekatan pengelolaan kelas yang demikian termasuk:
A. Pendekatan kekuasaan
B. Pendekatan otoriter
C. Pedekatan kebebasan
D. Pendekatan perubahan tingkah laku
E. Pendekatan kerja kelompok


11. Menetapkan penilaian, dan evaluasi pembelajaran PJOK

Dalam melakukan penilaian tentang sikap fairplay yang terjadi dalam suatu pertandingan dapat dirumuskan suatu tugas dengan kata kerja di bawah ini.
A. Menyusun
B. Menghargai
C. Menganalisis
D. Bekerjasama
E. Mentoleransi


12. Melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam PJOK melalui pendekatan proses yang baik.

Rubrik dapat digunakan untuk membantu peserta didik mengukur sejauhmana kompetensi yang dimiliki dan dapat digunakan sebagai bagian dari perbaikan pembelajaran. Salah satu tujuan rubrik seperti yang digunakan siswa tersebut bisa berfungsi untuk:
A. Memotivasi
B. Menghakimi
C. Menentukan peringkat
D. Kelengkapan administrasi
E. Syarat sertifikasi


13. Melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam PJOK dengan berdasar pada kegunaan dan tujuan penilain

Guru akan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan keterampilan motoriknya. Untuk itu guru dapat melakukan drengan menggunakan:
A. Rubrik
B. Tes tertulis
C. Tes komputer
D. Tes keterampilan dan pengukuran
E. Tes lisan


14. Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PJOK

Ketika guru melakukan penilaian dengan memberikan cara siswa melakukan penilaian diri sendiri dalam proses pembelajaran, maka hal tersebut memenuhi salah satu prinsip:
A. Penilaian untuk pembelajaran
B. Penilaian hasil pembelajaran
C. Evaluasi
D. Pembelajaran
E. Penilaian rapor


15. Penerapan pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PJOK

Seorang guru pendidikan jasmani meminta siswa melakukan pengamatan video suatu Pertandingan sepakbola dari sisi bagaimana pemain menerapkan takƟknya. Kegiatan ini dapat disebut sebagai pendekatan sainƟfik dengan cara:
A. Eksperimentasi
B. Mengamati
C. Mengomunikasi
D. Menalar
E. Mempresetasikan


16. Penggunaan metode dalam pembelajaran PJOK

Guru yang menugaskan siswa untuk membentuk Tim dengan identitas tim, nama tim, susunan pemain, desain seragam dapat dikatakan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan tujuan di bawah ini, KECUALI:
A. Belajar akademik
B. Penerimaan terhadap keragaman
C. Pengembangan keterampilan olahraga
D. Pengembangan keterampilan social
E. Pengembangan kemampuan penyelesaian masalah


17. Penggunaan gaya dalam pembelajaran PJOK

Dalam pembelajaran lempar lembing, guru memberikan handout tentang teknik melakukannya. Siswa mempelajari dan memprakƟkan sendiri keterampilannya. Gaya mengajar tersebut termasuk gaya mengajar ...
A. Komando
B. Timbal balik
C. Alat bantu
D. Inisiasi siswa
E. Konvergen


18. Penggunaan media dan alat bantu, serta Iptek pembelajaran PJOK

Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, guru membawa miniatur lapangan sepak bola. Hal ini sebagai upaya guru untuk memberi pengalaman yang lebih konkret kepada siswa-siswa yang tidak pernah mengalami secara langsung seperƟ apa lapangan tersebut sesungguhnya. Miniatur lapangan sepak bola adalah media dalam bentuk:
A. Obyek nyata
B. Model
C. Kunjungan ke lapangan
D. Materi cetak
E. Audio-visual


19. Menggunakan TIK untuk mendukung pembelajaran PJOK

Video pembelajaran yang memuat langkah-langkah guling depan akan memudahkan guru dalam pembelajaran senam karena video memiliki sifat:
A. Tingkat kerealistisan yang tinggi
B. Kemampuan manipulasi ruang
C. Kemampuan manipulasi waktu
D. Represetasinya hampir nyata
E. Semua jawaban benar


20. Pemecahan masalah pembelajaran PJOK melalui penelitian

Berikut ini langkah awal dalam melakukan tindakan kelas.
A. Merencanakan
B. Melakukan eksperimen laboratorium
C. Melakukan Ɵndakan
D. Refleksi
E. Observasi

Kunci Jawaban

Setelah anda selesai mengerjakan 20 soal up ppg pjok, silahkan anda cocokkan dengan kunci jawaban yang ada dibawah ini. Mohon maaf penulis tidak dapat memberikan pembahasan dari kunci jawaban soal up pedagogik penjaskes, dikarenakan keterbatasan waktu.

No
Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
1
C
11
C
2
C
12
A
3
C
13
D
4
C
14
A
5
E
15
B
6
E
16
C
7
E
17
A
8
B
18
B
9
A
19
E
10
D
20
A

0 Response to "Soal Pedagogik UP Penjaskes PPG Dalam Jabatan Tahun ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel