Cara Daftar Pretest PPG Daljab 2019 di SIM PKB

PPGDALJAB.com - Untuk Cara Daftar Pretest PPG Daljab 2019 di SIM PKB, anda haruslah memenuhi kriteria sebagai calon peserta terlebih dahulu. Berdasarkan lampiran surat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan nomor 8963/B.B1.1/PR/2019 disebutkan bahwa calon peserta pretest ppg daljab adalah Guru Tetap di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Belum pernah mengikuti Seleksi Kemampuan Akademik atau belum pernah ikut pretest UKG / PPG
  • Pernah mengikuti pretest UKG / PPG, namun belum mencapai batas nilai minimun yang ditetapkan. (Tidak lulus pretes UKG/PPG tahun 2017/2018)
  • Telah lulus pretest UKG / PPG, namun mengalami perubahan pilihan bidang studi PPG.


Persyaratan Peserta Pretes PPG Daljab 2019

Selain memenuhi kriteria diatas, anda juga harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan berkas yang telah ditentukan oleh kemendikbud Direktorat Jenderal GTK. Calon peserta wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Guru Tetap yaitu guru yang status kepegawaiannya PNS dan Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY) yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian atau diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah atau masyarakat yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
  4. Memiliki NUPTK.
  5. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV dan sesuai dengan bidang studi pada PPG yang akan diikuti.
  6. Berusia setinggi-tingginya 57 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2019.
  7. Sehat jasmani dan rohani. 



Tata Cara Pendaftaran

Apabila anda memenuhi kriteria dan ketentuan diatas, maka anda berhak untuk daftar pretest ppg daljab 2019. Cara Daftar Pretest PPG Daljab 2019 di SIM PKB dapat anda lakukan pada website SIM PKB dengan mengklik laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id dengan langkah-langkah pengisian formulir pendaftaran sebagai berikut :
  1. Guru membuka laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id
  2. Guru login menggunakan akun SIM PKB masing-masing
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV dan SK dua tahun terakhir sebagai Guru Tetap.
  4. Guru memilih nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV yang dimililki.
  5. Guru memilih dan menetapkan bidang studi PPG yang linier dengan program studi pada ijazah S-1/DIV yang dimiliki. Daftar linieritas bidang studi PPG pada Lampiran II.
  6. Guru harus aktif memeriksa status hasil verifikasi dan validasi proses pendaftaran seleksi sesuai dengan jadwal terlampir melalui akun SIM PKB masing masing.
  7. Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019.
  8. Guru mencetak kartu peserta seleksi kemampuan akademik tahun 2019 melalui laman http://gtk.belajar.kemdikbud.go.id.
  9. Guru mengikuti seleksi kemampuan akademik pada waktu dan tempat yang tercantum pada kartu peserta.
  10. Pengumuman hasil seleksi kemampuan akademik dapat dilihat pada laman http://sergur.kemdikbud.go.id

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak video tutorial Cara Daftar Pretest PPG Daljab 2019 di SIM PKB di bawah ini. Simak dengan seksama agar tidak ada kesalahan pada saat pengisian formulir dan penguploadtan data anda.


Perbaikan Data Peserta di DAPODIK dan SIM PKB

Apabila terdapat perbedaan data antara data anda di data Dapodik dan di website sim pkb, silahkan hubungi operator sekolah anda masing-masing. Mintalah operator sekolah untuk mengecek data di aplikasi Dapodik. Karena semua sumber data anda sebagai guru bersumber dari Dapodik. Perbaikan data di aplikasi Dapodik paling lambat hingga tanggal 14 Oktober 2019. Ingatkan operator setelah memperbaiki data agar melakukan syncronisasi.

0 Response to "Cara Daftar Pretest PPG Daljab 2019 di SIM PKB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel